Loading

Garuda Siap Jadi Maskapai Skala Global

PT Garuda Indonesia siap menjadi maskapai penerbangan berskala global dengan bergabung dalam aliansi Skyteam Global Airline Alliance (SGAA).

"Pada 23 November 2010, kami akan mendaftar ke SGAA," kata Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar di Jakarta, Kamis (18/11).

Menurutnya, dengan masuknya Garuda kedalam aliansi Skyteam tersebut, maka perusahaan nantinya bisa mengangkut penumpang dari maskapai penerbangan lain yang masuk dalam aliansi tersebut. "Sebaliknya, penumpang Garuda juga bisa terbang ke sejumlah negara di dunia karena bisa menaiki maskapai penerbangan dalam aliansi itu," ujar Emirsyah.

"Artinya, penumpang Garuda bisa terbang kemana-mana dengan satu tiket," katanya.

Selain masuk dalam aliansi Skyteam, perusahaan penerbangan pelat merah itu juga siap menjadi salah satu dari 10 maskapai penerbangan terbaik dunia sekaligus bandara terbaik.

Adapun maskapai penerbangan yang sudah tergabung dalam Skyteam, sebanyak 13 perusahaan, yaitu Aerosoft, Aeromexico, AirEuropa, Air France, Alitalia, China Southern, Czeh Airlines, Delta Airlines, Kenya Airways, KLM, Korean Air, TAROM, dan Vietnam Airlines.

Selain Garuda, dikabarkan maskapai yang juga siap bergabung adalah China Eastern dan China Airlines.

Emirsyah menjelaskan, untuk bisa bergabung dalam aliansi global itu, setiap maskapai penerbangan setidaknya harus memiliki dedicated terminal. Selain itu setidaknya harus memenuhi 29 kriteria, mulai dari jumlah armada, tingkat ketepatan penerbangan, dan angkutan ke bandara.

Untuk memenuhi kriteria layanan bandara, Garuda sudah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Angkasa Pura II yang akan meningkatkan fasilitas Bandara 2E dan 2F Bandara Soekarno Hatta.

Selain itu, dengan PT Angkasa Pura I bekerja sama meningkatkan fasilitas pelayanan dan penataan terminal di Bandara Internasional Juanda di Surabaya dan Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar. [EL, Ant]
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

Categories