Loading

Garuda Siapkan SIUP Citilink

JAKARTA: Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk sedang memproses pengajuan surat izin usaha penerbangan atau SIUP bagi anak usahanya Citilink dan ditargetkan rampung bulan depan. Pemprosesan SIUP Citilink yang merupakan unit bisnis strategis maskapai BUMN ini sebagai upaya pemisahaan atau spin off yang sudah dijadwalkan dalam penawaran umum perdana atau IPO PT Garuda Indonesia Tbk sejak Februari 2011.
Meski demikian, manajemen Garuda mengaku bahwa pengurusan SIUP secara terpisah untuk Citilink, sebagai bagian dari spin off ini bukan prioritas perseroan, karena mengacu pada sejumlah maskapai di luar negeri yang tidak memerlukan SIUP terpisah untuk anak usahanya.
Direktur Keuangan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan mengatakan saat ini pihaknya memfinalisasi rencana bisnis untuk pengajuan SIUP Citilink.
"Kami targetkan untuk satu bulan kedepan selesai [rencana bisnisnya], dan langsung diajukan ke Kemenhub," kata Elisa di Jakarta, Selasa.
Dia mengatakan sebenarnya soal SIUP ini harus diletakkan pada posisi yang benar. Pengembangan Citilink sebetulnya tidak tergantung pada adanya SIUP ataupun Air Operator Certificate (AOC), karena saat ini Citilink beroperasi di bawah Garuda Indonesia sebagai unit bisnis strategis. 
Dia mencontohkan kalau dilihat maskapai di dunia, ada dua model implementasi, Lufhtansa dan KLM, keduanya merupakan dua merek yang berbeda, yakni kelas premium dan kelas tarif rendah atau low cost carier (LCC). "Keduanya masih di dalam satu AOC. Jadi mereka tidak beda secara hukum. Kalau model Qantas dan Jetstar, itu beda AOC. Atau Singapore Airlines dan Tiger Airways itu beda entitas legal. Jadi tidak menjadi keharusan," tutur dia.
Dalam kasus Garuda, lanjut dia, secara operasional Citilink sudah diisolasi. Dia mencontohkan pilot Citilink hanya terbang untuk maskapai itu sendiri. Tidak ada pertukaran pesawat dan pilot Citilink dengan Garuda. Demikian juga dengan sistem pengoperasiannya, lanjut dia, tidak ada yang digabungkan, sudah terpisah. "Kalaupun spin off, itu kan dari sisi lebih kepada pemisahan yang sangat jelas."(mmh)
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

Categories