Loading

Garuda Diminta Terbang ke Moskwa

JAKARTA, KOMPAs.com - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata meminta Garuda Indonesia terbang langsung ke Moskwa. "Kami mendorong Garuda untuk membuka jalur penerbangan ke dua kota yang amat potensial di Eropa yakni Moskwa di Rusia dan Frankfurt di Jerman," kata Direktur Promosi Luar Negeri Kemenbudpar, I Gde Pitana Brahmananda di Jakarta, Kamis (17/6/2010).

Pitana mengatakan, pihaknya telah melakukan analisis terhadap dua kota tersebut dan hasilnya menunjukkan kedua kota prospektif diterbangi maskapai yang mengakses langsung ke Indonesia.

Pitana berpendapat, dua kota tersebut merupakan pintu keluar dengan mobilitas outbond yang tinggi. "Selain itu pesaing Garuda yang sudah membuka rute ke dua kota itu terbukti hampir selalu penuh," katanya.

Namun, usul itu baru sebatas masukan dan Pitana menegaskan tidak akan memaksa Garuda membuka rute tersebut bila ternyata tidak menguntungkan menurut analisis bisnis korporasi. "Itu baru sebatas masukan yang kami usulkan kepada direksi Garuda, bahwa Garuda akan membuka rute atau tidak, itu tergantung pada analisis bisnis mereka," kata Pitana.

Pitana menambahkan, jumlah kunjungan wisman asal Eropa ke Indonesia pada periode Januari-April 2010 tumbuh positif. Oleh karena itu, potensi bagi Garuda amat besar untuk membuka lebih banyak wilayah terbang di kawasan udara Eropa selain Belanda. "Kami juga mengusulkan kota lain yang juga potensial untuk diterbangi yakni London," katanya.

Pihaknya yakin kapasitas Garuda yang telah teruji mampu kembali menerbangi Eropa setelah sebelumnya seluruh maskapai di Tanah Air dilarang terbang ke Eropa oleh otoritas Uni Eropa selama beberapa tahun. Apalagi, dalam waktu dekat, Garuda berencana mendatangkan beberapa pesawat baru berkapasitas besar.

Pitana mengatakan, secara teori dan pengalaman empiris terbangnya kembali Garuda ke Eropa mulai 1 Juni 2010 memberikan lagi akses langsung bagi turis untuk berkunjung ke Indonesia. "Selain itu juga memberikan nilai positif dalam hal citra dan membuktikan bahwa pesawat kita sudah mampu memenuhi syarat yang ditetapkan otoritas UE," katanya.

Terbangnya kembali Garuda ke Eropa diharapkan mampu memberikan kontribusi langsung pada penambahan jumlah wisman Eropa yang berkunjung ke Tanah Air.

StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

Categories